Selasa, 03 Desember 2013

Makanan Pencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi dimana terdapat gangguan dalam keseimbangan cairan atau air dalam tubuh. Hal ini terjadi ketika kebutuhan air tidak terpenuhi. Pengeluaran cairan tubuh lebih banyak dibandingkan dengan pemasukan cairan ke dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat berbagai makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Seperti yang dikutip dari Huffing Post, beberapa jenis makanan yang dapat mencegah dehidrasi yaitu :

1. Semangka
Semangka terdiri dari 92% air. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C. Semangka merah mengandung lycopene yang memiliki efek antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker dan jantung.

2. Stroberi
Kandungan air dalam buah stroberi mencapai 91 %. Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin C dan B yang bisa membantu pertumbuhan sel-sel baru.

3. Salad hijau
Salad hijau terdiri dari 90% air. Salad hijau juga mengandung folat, vitamin C, serat dan antioksidan betakaroten. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

4. Timun
Timun mengandung 95% air. Beberapa potong timun sama manfaatnya dengan minum segelas air. Selain itu, timun juga memberikan asupan serat dan vitamin C kurang lebih 6% dari kebutuhan harian.

5. Pepaya
Pepaya terdiri dari 88% air. Pepaya sangat membantu untuk menjaga kecukupan cairan tubuh.

6. Yoghurt
Kandungan air dalam yoghurt bervariasi tergantung jenis yoghurt yang dikonsumsi. Plain yoghurt mengandung kurang kebiih 85-88% air. Yoghurt mengandung kalsium, vitamin B-12 dan probiotik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar