Jumat, 13 Desember 2013

Cara Mengatasi Krisis Air Bersih

Air bersih merupakan kebutuhan esensial bagi setiap mahluk hidup. Hal ini dikarenakan air berperan dalam metabolisme setiap mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Selain itu, air bersih juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti, memasak, mencuci, dsb. Akan tetapi, jumlah air bersih yang ada saat ini semakin menipis. Hal tersebut menyebabkan terjadinya krisis air bersih.
Krisis air bersih di Indonesia menjadi ironi karena sebagai negara yang kaya akan sumber air Indonesia harusnya Indonesia memiliki sumber air yang melimpah. Namun kenyatannya setiap tahunnya, masyarakat Indonesia mengahadapi krisis air. Pencemaran lingkungan dan berkurangnya daerah resapan air menjadi penyebab masalah krisis air bersih. Padahal tiap tahunnya kebutuhan air bersih meningkat sesuai dengan laju pertumbuhan penduduk. Tidak hanya di musim kemarau, pada musim hujan, krisis air bersih tetap menjadi masalah yang meghantui mereka. Pada saat musim hujan, genangan air yang melimpah menyebabkan sumber air menjadi terkontaminasi dan tidak dapat dikonsumsi.
Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah krisis air ? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi krisis air :
1. Menggalakan gerakan menanam pohon
2. Menggalakan gerakan hemat air
3. Konservasi lahan
4. Pelestarian hutan dan daerah aliran sungai
5. Membangun tempat penampungan air
6. Membangun sumur resapan atau biopori 
7. Menanggulangi sumber air dari pencemaran seperti limbah pabrik, dsb.
Langkah-langkah tersebut harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat secara berkelanjutan dan terus menerus. Dan yang paling penting harus dilakukan secepat mungkin agar krisis air tidak menjadi persoalan yang menghantui warga Indonesia setiap tahunnya.


Salah satu solusi cepat yang dapat dilakukan untuk mengatasi krisis air bersih adalah menggunakan filter air. HYDRO water technology hadir untuk mengatasi masalah solusi air Anda. filter air HYDRO merupakan alat penjernih air no. 1 di Indonesia. Untuk mengatasi air kotor, keruh, berkapur, mangan, kerak, dsb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar